.::NIMBUZZ_JAKTIM_BEKASI::.
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

.::NIMBUZZ_JAKTIM_BEKASI::.

hallo all my plend, ayo donk posting.kita ramein forumnya, jangan dirum ajah ramenya, forum ini dibwt dari kita dan untuk kita, gw kasih tau keunggulan forum kita, disini lw bisa dapet informasi tentang NIMBUZZ n khusunya rum NIMBUZZER_JAKTIM_BEKASI
 
IndeksPortalLatest imagesPencarianPendaftaranLogin

 

 memilh busi yang tepat

Go down 
PengirimMessage
bi9er
Super Moderator
Super Moderator
bi9er


Gender : Male
Jumlah posting : 61
Age : 34
Lokasi : new hope
Job/hobbies : kuliah/maen futsal ampe kuruz
Nimbuzz ID : bi9er@nimbuzz.com

memilh busi yang tepat Empty
PostSubyek: memilh busi yang tepat   memilh busi yang tepat EmptyWed Aug 05, 2009 9:56 pm

kawand2 bi9er mau kasih tips lagi nih bwt motor kalian semua.......di baca y!!!!!!

memilh busi yang tepat Busiii


Busi pada sistem pengapian berfungsi sebagai alat untuk memercikan api
listrik guna membakar campuran gas pada ruang bakar. Percikapn api
listrik ini diperoleh dari tegangan tinggi yang dihasilkan oleh
ignition coil.

Paling tidak ada tujuh bagian utama busi yang berupa terminal, pusat
elektroda, insulator, rumah plug, gasket, dan elektroda positif serta
negatif. Karena fungsinya, maka perambatan panas dalam busi tak
berlangsung merata. Dari tipe pembakarannya, sekurangnya terdapat tiga
jenis busi, yaitu busi tipe panas, sedang, dan dingin.
Busi dingin biasanya dipakai pada mesin-mesin kendaraan yang mesinnya
cenderung harus bekerja dalam suhu yang relatif panasnya tinggi.
Sedang busi panas digunakan pada mesin dingin. Sementara, angka yang
ditunjukkan pada busi biasanya menerangkan daya rambat panas keluar
dari busi dimana bila angka membesar berarti daya rambatnya juga besar
atau sebaliknya.


Tipe busi panas adalah jenis yang sukar merambatkan panas hasil
pembakarannya keluar dari elektroda sehingga bagian ini selalu panas.
Sementara tipe busi dingin, amat mudah merambatkan panas sehingga
elektrodanya selalu dingin. Dan, busi sedang berada diantara keduanya.
Busi merupakan bagian yang harus selalu mendapat perawatan untuk
menjamin optimasi pembakaran. Salah satu cara perawatannya adalah
membersihkan busi dari kotoran dan sisa pelumas. Berikut ini cara
perawatan secara mandiri.


1. Setelah melepaskan semua busi dengan kunci busi. Periksalah
kondisinya. Jika busi kering dan berkerak abu-abu menandakan kondisi
pembakaran mobil Anda baik. Bila basah serta kerak berwarna hitam,
menggambarkan pembakaran mesin kurang sempurna.
2. Bersihkan mulut busi bagian luar dengan menggunakan sikat kawat.
Untuk memudahkan pembersihan, busi direndam dengan bensin atau minyak
tanah sebelum dibersihkan.
3. Bersihkan bagian mulut dalam busi dengan kawat kecil atau peniti
hingga seluruh keraknya keluar.
4. Ampelas dengan merata bagian ini hingga busi benar-benar kembali
tampak seperti kondisi awal.
5. Periksa kembali celah antara elektroda positif (bagian membulat) dan
elektroda negatif (bagian melengkung yang nampak keluar dari busi).
Kembalikan pada posisi normal sesuai buku petunjuk. Pada umumnya celah
busi berjarak 0,8 mm.
6. Setelah itu masukkan kembali busi pada tempatnya. Harap diingat,
jangan mengencangkan busi hingga terlalu keras. Sebab, bila itu
terjadi busi akan sulit kembali dilepas atau bisa saja menyebabkan
rusaknya arus ulir pada lubang mesin.
Perawatan mandiri busi akan sangat membantu proses optimasi
pembakaran. Sehingga tak saja busi, platina maupun injektor juga akan lebih awet
Kembali Ke Atas Go down
 
memilh busi yang tepat
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
.::NIMBUZZ_JAKTIM_BEKASI::. :: ENTERTAINMENT :: Automotive-
Navigasi: